Agya, Mobil Murah Toyota Indonesia

Toyota sudah menyebutkan nama Agya (Agia) sebagai calon mobil murah Toyota Indonesia sejak awal Juli 2012. Kepastian nama tersebut diperoleh dari salah satu petinggi Astra.

“Namanya Toyota Agya, dibuat Daihatsu, merupakan produk kolaborasi ketiga Toyota-Daihatsu setelah Avanza-Xenia dan Rush-Terios,” beber sumber yang sengaja kami rahasiakan namanya, kepada KompasOtomotif.

Dijelaskan, ketika Daihatsu meluncurkan mobil murah ini di Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 20 September nanti, Toyota Indonesia juga melakukan hal yang sama. Kunci berikutnya adalah keputusan pemerintah untuk segera mengeluarkan regulasi low emission carbon project (LECP) yang berisikan insentif untuk low cost and green car (LCGC).

“Target harganya di bawah Rp 100 juta per unit. Semua itu tergantung insentif yang diberikan pemerintah,” beber sumber itu.

Dimensi Toyota Agya sama dengan Aygo yang dipasarkan di Jepang, dan sama-sama bergenre citycar dengan kapasitas 4+1 penumpang. Mesin yang digunakan total baru, 1.000 cc, menggunakan aluminium sehingga ringan. Toyota menyiapkan dua model utama, transmisi manual dan otomatis, untuk pasar Indonesia. Adapun urusan ekspor akan dipegang penuh oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Toyota Indonesia sebenarnya belum pernah memasarkan produk di segmen ini. “Kami selalu bilang, produk boleh sama, tapi (karena) sumber daya manusia dan strategi berbeda, jadinya hasil menjadi lain. Sudah terbukti dari model-model sebelumnya,” ungkap si sumber.